Pusat Bantuan

Frequently Asked Questions (FAQ) iBank

  • Apa itu iBank ?

    iBank adalah sebuah aplikasi perbankan yang dikelola/dikembangkan oleh Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Attaqwa. Ditujukan untuk nasabah BPRS Attaqwa agar mempermudah transaksi perbankan. Memiliki layanan unggulan untuk investasi nasabah diantaranya adalah jual, beli, cetak Emas (Goldgram) dan Perak (Silvergram).

  • Apa saja layanan yang ada di iBank?

    Layanan utama yang ada di iBank adalah Produk Tabungan IDR, pelanggan dapat melakukan setoran, transfer dan penarikan, di iBank juga memliki layanan unggulan, yaitu Tabungan Emas Goldgram dan Tabungan Perak Silvergram. Pada Tabungan emas dan perak, pelanggan dapat melakukan pembelian, penjualan, cetak dan gadai.

  • Bagaimana cara mendaftar sebagai anggota iBank?

    Calon Pelanggan melakukan pendaftaran secara online melalu situs resmi ibank https://ibank.co.id/ibank/register.do, atau dapat mengunduh aplikasi iBank pada playstore dan appstore.

    Calon anggota dapat melakukan pengisian form registrasi sebagai bukti menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku di sistem iBank. Untuk calon pelanggan perorangan wajib melampirkan dokumen utama yaitu softcopy kartu tanda penduduk (KTP) yang berlaku dan jika ada softcopy kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) beserta kartu keluarga (KK) sebagai lampiran pendukung. Untuk calon pelanggan korporat wajib melampirkan softcopy dokumen legalitas perusahaan dan surat kuasa asli bermaterai dan cap perusahaan dari pejabat berwenang sebagai pemberi kuasa kepada karyawan sebagai penerima kuasa serta melampirkan softcopy KTP. setiap anggota akan dihubungi oleh pihak iBank untuk dilakukan KYC (Know Your Customer). Dan setelah seluruh data terverifikasi maka pelanggan akan memiliki nomor rekening dan VA (Virtual Account) dimana nomor VA akan digunakan oleh pelanggan untuk melakukan setoran dana ke iBank.

  • Bagaimana jika Pelanggan lupa password dan lupa User ID ?

    Pelanggan dapat menggunakan fitur lupa password pada aplikasi iBank. Atau dapat menghubungi customer service iBank untuk bantuan.

  • Berapa biaya keanggotaan iBank?

    Besaran biaya keaangotaan di iBank adalah sebesar Rp. 300.000 per tahun.

  • Bagaimana jika Pelanggan tidak membayar biaya tahunan ?

    Pelanggan tidak dapat melakukan seluruh transaksi yang ada di iBank. Satu satunya transaksi yang masih bisa dilakukan adalah setoran dana melalu nomor Virtual Account

  • Bagaimana cara melakukan transaksi di iBank?

    Pelanggan yang sudah mendaftarkan diri dan membayar biaya keanggotaan dapat langsung login ke aplikasi web ataupun mobile iBank menggunakan email dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan. Pelanggan dapat memilih menu menu yang tersedia pada aplikasi untuk melakukan seluruh transaksi yang tersedia, seperti transaksi rupiah, transaksi emas Goldgram dan transaksi perak Silvergram.

  • Kapan hari dan jam kerja iBank?

    Untuk setiap transaksi di iBank dilakukakan secara online dengan ketentuan sebagai berikut:

    Setoran Virtual Account : dapat dilakukan setiap hari
    Transfer IDR antar nasabah iBank : dapat dilakukan setiap hari
    Penarikan/withdraw IDR : Senin - Jumat, Pkl. 08:30 - 16:00 WIB
    Pembelian & buyback Emas dan Perak : Senin - Jumat, Pkl. 08:30 - 20:00 WIB
    Transfer Emas & Perak antar nasabah iBank    : Senin - Jumat, Pkl. 08:30 - 20:00 WIB
    Cetak Fisik Emas dan Perak : Senin - Jumat, Pkl. 08:30 - 16:00 WIB
  • Apa itu Goldgram & Silvergram ?

    Goldgram adalah merek dagang untuk produk emas yang ada di iBank. Dengan kadar kemurnian 99.99% dan bersertifikat standar LBMA.

    Silvergram adalah merek dagang untuk produk perak yang ada di iBank. Dengan kadar kemurnian 99.99% dan bersertifikat standar LBMA.

    London Bullion Market Association (LBMA) adalah lembaga internasional yang menyusun dan mengelola standar kualitas pemurnian emas dunia. Dengan standar ini LBMA menjamin nilai kemurniadan keaslian produk emas dan Perak yang diperjualbelikan serta rantai pasokan emas dan Perak yang bertanggung jawab atau bebas dari kegiatan pelanggaran HAM, pencucian uang dan terorisme (www.lbma.org.uk)

  • Mengapa harus membeli Goldgram & Silvergram di iBank?
    • Memiliki fitur Tabungan Emas dan Tabungan Perak (Pool Account)
    • Transaksi jual beli secara online di mana saja
    • Harga beli lebih murah, karena menggunakan harga dasar emas tanpa ongkos cetak
    • Dapat dibeli mulai dari pecahan 0.1 gram
    • Harga jual kembali (buyback) lebih tinggi
    • Dapat dicairkan dan dicetak kapan saja, dengan membayarkan ongkos cetak yang disepakati
    • Produk emas dengan kemurnian 99,99% dan sertifikat berstandar LBMA (London Bullion Market Association)
    • Sistem keamanan terpadu 24 jam
    • Di back-up secara fisik
    • Dapat digadaikan
    • Kemudahan pembayaran zakat dan infaq bekerjasama dengan BAZNAS
  • Apa yang dimaksud Pool Account (Tabungan emas & perak)?

    Tabungan emas dan perak (Pool Account) adalah konsep menabung emas dan perak yang ada di aplikasi ibank. Dimana pelanggan yang membeli emas dan perak mulai dari 0.1 gram, dan harga emas dan perak yang digunakan adalah harga dasar emas dan perak tanpa dikenakan ongkos cetak. ongkos cetak hanya akan dikenakan ketika pencetakan sesuai gramasi.

  • Apa keunggulan konsep Tabungan Goldgram dan Silvergram?
    • Dapat membeli / menabung emas dan perak mulai dari nominal 0.1 gram
    • Harga lebih murah, karena harga yang digunakan adalah harga dasar tanpa ongkos cetak
    • Selisih harga jual dan buyback yang rendah. Karena tidak ada komponen ongkos cetak. Berbeda dengan selisih jual beli secara fisik, dimana saat membeli emas dan perak secara fisik, biaya cetak dibebankan kepada pelanggan dan saat di buyback, komponen biaya cetaknya tidak ada.
    • Fisik tetap dapat dicetak, jika jumlah / saldo tabungan emas dan perak sudah memenuhi syarat sejumlah kepingan yang ada.
    • Ongkos cetak hanya dibebankan ketika pelanggan menginginkan emas dan peraknya untuk diambil fisiknya.
  • Mengapa menabung emas dan perak dengan konsep Pool account lebih menguntungkan dibanding membeli fisik secara konvensional?
    Mari kita simulasikan perbedaan menabung emas pool dan menabung emas secara fisik (konvensional)

    Kita simulasikan nasabah memiliki keinginan untuk mempunyai emas sejumlah 50 gram yang harus terkumpul dalam 1 bulan. Kita asumsikan nilai dasar emas dalam 1 bulan adalah sama misalnya 1.500.000 / gram. Dan harga emas fisik adalah 1.700.000/gram. Setiap minggunya kita hanya memiliki uang untuk membeli emas sebanyak 10 gram. Untuk harga emas fisik 10 gram nilainya adalah 16.550.000 dan harga untuk emas fisik 50 gram adalah 82.500.000. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada tabel di bawah:

    Transaksi Goldgram Transaksi Konvensional
    Pembelian gramasi emas Pembelian emas pool Pembelian gramasi emas Pembelian emas fisik
    10 gr 15.000.000 10 gr 16.550.000
    10 gr 15.000.000 10 gr 16.550.000
    10 gr 15.000.000 10 gr 16.550.000
    10 gr 15.000.000 10 gr 16.550.000
    10 gr 15.000.000 10 gr 16.550.000
    Total pembelian
    50gr belum dicetak
    75.000.000
    Ongkos Cetak 7.500.000
    Total pembelian
    50gr x 1 keping
    82.500.000 Total pembelian
    (10gr x 5keping)
    82.750.000

    Dari simulasi pembelian emas pada tabel diatas dapat kita lihat bahwa terdapat selisih antara membeli emas secara fisik 5x10gr dengan kita membeli emas pada pool account dan mencetaknya kedalam 1 keping 50 gr. Membeli emas dengan gramasi yang lebih besar sudah pasti jauh lebih murah daripada kita membeli emas fisik dengan gramasi yang kecil.

    Sekarang kita simulasikan proses buyback antara tabungan emas pool account dengan tabungan emas fisik. Kita asumsikan untuk harga buyback emas saat ini adalah 1.485.000. Pada tabel pembelian diatas kita sama-sama sudah memiliki 50 gram emas dalam bentuk pool account dan fisik. Untuk perbandingan selisih nilai jual dan buyback antara pool account dan fisik dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

    Tabungan Emas
    pool account
    Tabungan Emas
    Fisik
    Pembelian gramasi
    emas belum di cetak
    50 gram
    Dalam bentuk saldo
    50 gram
    10 gr x 5 keping
    Total uang yang
    sudah di keluarkan
    75.000.000 82.750.000
    Nilai saat di buyback
    50 x 1.485.000
    75.000.000 82.750.000
    Selisih nilai beli dan
    buyback
    750.000 8.500.000

    Dari tabel simulasi buyback dapat kita lihat, perbedaan selisih jual beli yang sangat besar jika kita melakukan buyback emas secara fisik dan buyback emas di pool account. Pada pembelian dan kepemilikan emas ada 2 komponen penting yaitu:

    • Harga dasar
    • Ongkos cetak

    Hari ini, kita dihadapkan pada kenaikan nilai emas yang cukup signifikan dan fluktuatif, dimana kenaikan tersebut berada pada harga dasarnya. Untuk ongkos cetak cenderung stabil. Maka konsep tabungan emas yang ditawarkan adalah solusi yang bijak untuk membeli emas dengan harga terbaik.

  • Apakah saldo emas dan perak dapat dijual kembali (buyback) ?

    Saldo emas dan perak yang sudah di belikan dapat di buyback dengan kurs harian yang berlaku.

  • Bagaimana proses pengambilan fisik saldo emas dan perak?

    Untuk pengambilan fisik dapat dilakukan pada merchant merchant yang sudah bekerja sama dengan iBank. Untuk melihat daftar merchant yang sudah bekerja sama dengan ibank dapat dilihat pada aplikasi iBank di dalam menu PENARIKAN emas/perak. Pelanggan dapat memilih jenis cetakan emas dan kepingan yang tersedia pada setiap merchant. Nasabah juga diwajibkan untuk membayar ongkos cetak sesuai dengan nilai yang sudah dihitung oleh sistem.

  • Kapan saldo emas dan perak Pelanggan dapat diambil?

    Pelanggan dapat melakukan pengambilan fisik emas, ketika saldo emas dan perak sudah sama dengan atau lebih besar dari kepingan yang ada dan pada waktu yang sudah ditentukan pada jam operasional yang sudah dijabarkan pada point 8.

  • Apakah saldo emas dan perak Pelanggan dapat diambil semuanya?

    Ya, seluruh tabungan emas dan perak milik pelanggan dapat diambil dan dijua seluruhnya.

  • Dimana saja lokasi pengambilan emas dan perak?

    Pengambilan fisik emas dan perak dapat dilakukan pada merchant merchant yang ditunjuk oleh iBank. Detail list merchant dapat dilihat langsung didalam aplikasi.

  • Apakah emas dan perak bisa dikirim ke pelanggan?

    Emas dan Perak dapat dikirim langsung ke pelanggan. Semua proses terkait pengambilan fisik emas dan perak dapat dilakukan lewat aplikasi iBank.

  • Berapa biaya cetak emas dan perak fisik?

    Untuk biaya cetak emas memiliki perhitungannya sendiri. Contoh Perhitungan adalah sebagai berikut:

    1. Harga dasar emas per gram iBank bulan february 2025 : Rp. 1,516,785
    2. Harga Logam mulia 1 gram Antam bulan february 2025 : Rp. 1,675,178
    3. Selisih : Rp. 158,393

    Selisih antara Harga Logam mulia Antam - Harga dasar emas iBank merupakan Ongkos cetak untuk cetakan 1 gram. Tiap gramasi dan jenis cetakan mempunyai ongkos cetak yang berbeda-beda. Untuk simulasi harga cetak dapat dilihat pada aplikasi iBank.

  • Apa saja jenis dan pecahan emas batangan yang dapat ditarik?

    Jenis emas yang dapat di cetak adalah ANTAM, GOLDGRAM, dan UBS
    Dengan kepingan 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan 250 gram
    Jenis dan kepingan emas yang tersedia bisa berbeda beda pada setiap merchant

  • Bagaimana cara Pelanggan mengetahui saldo emas dan perak yang ada di iBank?

    Pelanggan dapat langsung login kedalam aplikasi iBank. Setiap saldo dan transaksi IDR, Emas dan Perak dapat dilihat pada aplikasi iBank secara langsung.

  • Bagaimana cara menabung emas dan perak di iBank?

    Membeli dan menabung emas di iBank dapat dilakukan secara online kapan saja dimana saja, cukup dengan login ke aplikasi iBank dan memilih fitur yang sudah disediakan untuk membeli emas. Nasabah dapat melakukan setoran IDR terlebih dahulu ke nomor VA. nantinya setoran IDR akan masuk kedalam rekening IDR di iBank, dan nasabah dapat langsung membelikan emas dan perak menggunakan dana yang ada di rekening IDR.

  • Bagaimana cara memastikan bahwa transaksi berhasil?

    Pada Aplikasi iBank, setiap history transaksi akan tecatat secara realtime setelah transaksi berhasil. Nasabah cukup melihat kedalam menu history transaksi pada setiap produk yang ada.

  • Bagaimana jika Pelanggan meninggal dunia ?

    Jika Pelanggan meninggal dunia, maka saldo emas Pelanggan menjadi hak ahli waris sesuai informasi pada form pendaftaran. Ahli waris berhak melakukan penjualan (buy back ke rekening pelanggan), atau pengambilan fisik dengan membayar biaya yang timbul dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan, yaitu akta kematian, surat nikah atau copy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk/identitas asli ahli waris yang masih berlaku. Keanggotaan Pelanggan yang meninggal dunia tidak dapat dilanjutkan oleh ahli waris.